Translate

Selasa, 22 Mei 2012

Mengenal Lebih Juah Tentang Rajungan. Part - 4

Life Cycle Blue Swimming Crab
dikutip dari bahan presentasi APRI (Assosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia)



Telur

Rajungan betina dewasa bermigrasi ke laut menjadi induk telur. Tergantung ukurannya, seekor rajungan  betina dewasa bisa membawa dan melepaskan sekitar 2 juta telur.

Ketika larva mencapai tahap perkembangan tertentu dalam waktu 8 sampai 18 hari, sel telur pecah dan larva - sekarang disebut zoea - dilepaskan ke kolom air

 Zoea

Seperti apakah rajungan yang baru memetas ?
Larva yang baru menetas disebut zoea dan tidak terlihat seperti kepiting dewasa. Zoea terlalu kecil untuk berenang dan hanya mengapung di perairan laut di mana mereka memakan plankton. Mereka bisa melayang sejauh 80 kilometer ke laut sebelum kembali perairan pantai untuk menetap. Setelah sekitar 4 molting atau 2 minggu. perubahan zoea menjadi bentuk pasca-larva yang dikenal sebagai megalops.
Megalopa

Megalopa memiliki cakar seperti seekor rajungan, tetapi hanya bisa berenang dan merangkak didasar.  Tahap megalopa berlangsung 4 - 16 hari setelah larva molting  ke tahap menjadi rajungan. Menurut beberapa penelitian, tingkat kematiannya tinggi mencapai 98% mulai dari menetas sampai ke tahap megalopa.



Tahap Rajungan

Akhirnya rajungan menetap dan bermetamorhosis menjadi rajungan dan telah berbentuk seperti rajungan dewasa. Awal berbentuk rajungan ukurannya sangat kecil hanya 1/5 inc.  Transisi dalam distribusi dari habitat semi plankton  ke habitat bentik terjadi pada rajungan remaja di suatu tempat berukuran lebar karapas antara 4 mm dan 10 mm.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar